I Love This Devil : Vietnam Coffee

Senin, 24 Desember 2012


RUMAHKOPI MATITI, VIETNAM - Apa resep Anda tentang kopi? Seperti yang terlihat pada gambar di atas tentang alat peracik kopik dari francis dan saya menimkamati kopi Vietnam dalam perjalanan saya baru-baru ini - menimatinya si hitam iblis. 
Perjalanan saya ke Vietnam membawa oleh-oleh kecil dari rekan yang mengenal saya sebagai pecandu kopi. Dia memberi saya kopi filter Vietnam yang digunakan sehari-hari untuk menyeduh kafein, teknik ini dikenal sebagai ca phe sua da (dalam bahasa lokal) atau es kopi susu. 
Membuatnya tidak memerlukan banyak biaya banyak, kita bisa membeli di toko-toko peralatan dekat rumah seharga US $ 2. Saya tidak yakin Anda akan dapat menemukannya di Jakarta, ada ide?

Pertama kali aku menimkmati kopi Vietnam sudah cukup lama di sebuah restoran yang terletak di daerah Tebet, sebelah Starbuck. Restoran yang sudah tidak ada lagi yang menawarkan masakan Vietnam, tapi aku masih ingat seberapa kuat kopinya. Saat ini, ada banyak pilihan menyeduh kopi, otomatis, versi Perancis, manual, mesin espresso, panci kompor, americano, espresso, macchiato, mocha, latte, Anda pasti sudah mengenal nama-nama itu? Dan penyaring kopi itu adalah salah satunya.

Perlahan-lahan penyaring kopi masuk ke dalam gelas dari wadah saringan yang sangat bersih dan Anda bisa merasakan keberanian itu. Ini metode yang cukup sederhana dibandingkan dengan mesin espresso dan cara yang bagus menikmati kopi di jalan-jalan Kota Ho Chi Minh dengan orang-orang yang ramah pula. Kita minum kopi di caffee pinggir jalan  yang menggunakan meja kecil dan kursi sebagai pemandangan umum di Vietnam. Saya pikir mereka masih menghargai budaya ngopi mereka, sangat berbeda dengan kebiasaan minum kopi di resto modern yang mengancam adat lokal mereka yang sudah berakar dari jaman kolonial Prancis.

Oke, mari kita coba lihat alat pembuat kopi tersebut karena saya ingin berbagi tentang teknik pembuatan kopi Vietnam untuk Anda. Kita dapat menambahkan es atau susu sebagai cara yang yang dilakukan di Vietnam untuk resep kopi mereka, tapi saya suka yang panas, bahkan sangat panas.


Nomor (1) adalah alat untuk membuat kopi, sebuah wadah dengan filter. Menggunakan kopi kasar seperti membuat espresso, karena itu tidak akan menetes ke kaca dan tentu saja Anda akan memerlukan air matang (alat nomor 2).

 
Nah, saya pikir gambar diatas sudah cukup menjelaskan bahwa untuk kopi yang dibutuhkan sekitar 1 sendok makan (1 shot), lalu dituangkan ke dalam filter, dan memakai kaca. Siap untuk menggiling?


 
Emas hitam itu sekarang menetes perlahan dan kita akan memiliki sensasi nirwana (mmm itu hanya aku lebih-lebihkan saja, kalian tahukan aku ini seorang pecandu kopi kan?). 
Si Iblis panas itu, sekarang siap untuk dinikmati, secara perlahan-lahan di mulut Anda, rasakan dengan lidah Anda, dan si 'iblis' itu telah berubah menjadi malaikat. Aku ini gila atau apa ya?


Selamat minum.
Diterjemahkan bebas dari webloh Toni wahid  http://mypotret.wordpress.com/2008/01/11/i-love-this-devil-vietnam-coffee/
Share this article :

1 komentar:

  1. Ganef05.31

    Sebaiknya, alat yang Ada pegangannya di angkat dahulu. Setelah kopi dimasukkan, kemudian masukkan alat tadi, sambil dituang air panas sedikit demi sedikit. Setelah dikira cukup. Tekan pegangan tadi untuk mengepres agar keluar sari kopi. Selamat menikmati.. 'si ibis', yang pahit tapi nikmat. Sebelum dituang kopi, bisa Lebih dahulu dituang kremer manis. Kalau tidal suka manis, cukup di aduk sendok 2-3 kali tp kalau suka manis, diaduk sampai tercampur.. Mantaff..

    BalasHapus

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, mari kita lupakan segera, tidak seorangpun yang menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, maka kami hormat kepada Anda.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Translate

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rumah Kopi Matiti - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger