Mau Tahu Siapa Pengumpul Kopi Terbesar di Indonesia?

Minggu, 30 Desember 2012


RUMAHKOPI MATITI, SURABAYA - Saimi Saleh (51) bukan hanya senang dikritik oleh petani kopi binaannya, dimarahipun ia akan menerimanya dengan senang hati. Baginya keterbukaan yang disertai kejujuran terutama adalah hal penting dalam menjalankan roda bisnis ekspor kopinya ke mancanegara. Tidak mudah menemui Saimi, kedudukannya sebagai pimpinan puncak Indokom Citra Persada salah satu eksportir kopi terbesar di Indonesia membuatnya harus berburu dengan waktu. Hari ini di Jember, esok sudah harus terbang ke Jakarta, lalu ke Makasar demikian seterusnya. Jadi saat Temu Lapang Kopi di Jember kemarin kebetulan kami berdua bisa berbincang walau waktunya tidak terlalu panjang atas jasa Syafrudin dari PT Sabani Internasional yang mengenalkan saya kepada beliau.

Sebenarnya bila berbicara bisnis kopi, keluarga besar Saimi telah “menggoreng” kopi sejak beberapa generasi. Tapi ia mulai meneguhkan masa depannya dibidang ini sejak tahun 1986 saat Saimi banting setir menjadi “penjual” biji kopi setelah menghentikan kuliahnya karena kepepet masalah biaya dan mengalah untuk adik-adiknya. Sebuah keputusan yang kelak mengubah jalan hidupnya hingga sekarang. Di tahun 1996 ia mulai terjun ke bisnis eksport kopi dan mendirikan perusahaan pertamanya di Propinsi Lampung dan setahun kemudian di Sidoarjo, Jawa Timur. Sekarang Indokom Citra Persada adalah salah satu perusahaan eksportir kopi terbesar di Indonesia yang membawahi sekian anak perusahaan termasuk pengemasan udang beku, juga di Sidoarjo.

Saat mengikuti kegiatan Temu Lapang Kopi di Jember, pria kelahiran Belitang, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan ini menyitir akan pentingnya lembaga ini. “ICCRI (Puslit Koka) mulai dipercaya pasar dan bukan sepenuhnya alat pemerintah lagi. Kelak saya membayangkan, Puslit akan berada di setiap pelabuhan ekspor untuk mendukung industri perkopian kita” ujarnya. Sebagai informasi, Indokom-lah yang menjadi salah satu mitra bisnis para petani Bondowoso yang baru saja merasakan berkah ekspor kopinya ke negara Swiss setelah setengah tahun sebelumnya di gembleng oleh Puslit Koka.
Saimi mungkin pengusaha langka atau setidaknya dianggap aneh oleh banyak pengusaha lain. Sementara orang mengumpulkan uang dari penjualan benih kopi ia justru membagikannya secara cuma-cuma kepada petani di berbagai wilayah Indonesia. Bayangkan saja, sejak tahun 2005 ia sudah menebar 10 juta bibit untuk para petani. Bila satu bibit kopi di pasaran berharaga 2000, Anda tinggal mengalikannya saja.
Mengapa ia ingin berbagi? Saimi meyakini betul bahwa agro industri adalah masa depan bangsa ini, sebuah bisnis yang terbukti tahan terhadap krisis. “Selama manusia membutuhkan makanan, maka selama itu pula bisnis ini akan berkembang dan kopi adalah industri yang padat karya dan bisa mengatasa masalah kemiskinan” yakinnya.

“Coba bayangkan potensi negeri ini, di Indonesia terdapat 6 juta hektar tanah yang berada di atas ketinggian 1000 meter yang cocok untuk kopi arabika. Lalu 9 juta hektar tanah yang belum digarap dan berada di antara ketinggian 400-1000 meter untuk kopi robusta. Jadi total tanah yang siap digarap sebanyak 15 juta hektar untuk kedua jenis kopi ini. Katakanlah kita menanami lahan untuk kopi arabika yang enam juta hektar itu dengan penghasilan rata-rata sekitar 160 juta per hektar. Belum ditambah susu, kayu, rempah, madu, yang bisa kita hasilkan pada perkebunan tersebut. Kira-kira US$ 20 ribu per hektar dikali 6 juta, sekitar 120 milyar dolar. Itu baru dari kopi arabika, belum robusta. Satu atau dua dekade ke depan, bangsa kita tidak akan lagi mengemis ke negara maju” kata Saimi bersemangat.

Prinsip berbagi bagi korporasi besar yang diterapkan melaui program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) mungkin masih jauh dengan apa yang telah dilakukan Saimi yang baru saja menghentikan kebiasaan merokoknya. Buatnya, membagikan bibit kopi hanya salah satu caranya dalam merangkul para petani untuk maju bersama perusahaannya. Upaya lain adalah dengan membagikan alat pengupas biji kopi atau pulper kepada para petani tanaman kopi ini. Walaupun jumlahnya masih puluhan, alat ini sangat membantu petani dalam melakukan olah basah atau wet processing demi perbaikan kualitas biji kopi yang mereka hasilkan. Bukan hanya gratis, petani malah boleh menjual hasil panennya kepada pihak lain karena Saimi tidak mewajibkan mereka untuk menjalin kontrak jual beli dengan Indokom. Tapi bila mereka ingin menjualnya kepada Indokom, maka Saimi berkewajiban membelinya.
 
Saimi juga berkeinginan agar Indonesia lebih banyak memproduksi kopi arabika karena harganya yang lebih tinggi. “Kalau bisa 70:30 antara arabika dan robusta” ujarnya. Pembicaraan yang hangat sayangnya harus diakhiri karena Saimi harus segera menghadiri acara lain, tapi saya diundang untuk mengunjungi fasilitas eksport mereka di kawasan Buduran, Sidoarjo di hari Jumat tanggal 17 Juni dan bertemu adik kandungnya, Asnawi Saleh.
 
Di fasilitas pengolah kopi di Sidoarjo kami ditemui Asnawi yang mengajak kami berkeliling melihat gudang dan tempat pengolahan biji kopi mereka di lahan seluar dua hektar. Asnawi, bapak dari dua anak, lulusan Teknik Sipil salah satu Perguruan Tinggi di kota Malang menjelaskan proses dari penerimaan biji kopi mentah yang dikirim melalui kontainer dan truk ke Indokom, pengambilan sampel untuk pemeriksaan kualitas, pengolahan, sortir, hingga siap diekspor ke berbagai negara.
 
Saat ini menurut Asnawi, perusahaannya membina sekitar 8 ribuan petani terutama di kawasan Flores, Bali, Jawa Barat dan sebagian di Jawa Timur seperti daerah Bondowoso. Dari para petani tersebut, Indokom berhasil mengumpulkan sekitar 88 ribu ton per tahun dengan komposisi terbanyak untuk kopi jenis arabika sebesar 60% dan sisanya robusta, tapi jumlahnya bisa berubah tergantung musim panen.

Jangan khawatir dengan jumlah sekian ton yang mereka distribusikan keberbagai negara karena Indokom tetap mendukung pengembangan kopi di tanah air terutama cafe-cafe yang banyak bertebaran. Mereka bisa membeli kopi kualitas ekspor melalui anak perusahaannya PT Sabani Internasional, tentu saja dengan minimum order per karung atau 60 kilogram. Saat ini pasar terbesar mereka tersebar di Amerika, Eropa, Australia, dan Jepang, selain tetap memenuhi permintaan di dalam negeri.
 
Sebagai penggemar kopi robusta, Asnawi paham lansekap politik ekonomi dibalik buruknya kualitas kopi jenis ini. Jangan mengasumsikan bahwa kopi robusta itu punya rasa yang inferior dibandingkan dengan arabika. “Bila diolah dengan baik, kopi robusta bisa menghasilkan rasa yang tak kalah dengan arabika” kata Saimi. Sebuah pendapat yang saya benarkan setelah diajak cupping lalu mencoba kopi robusta unggulan mereka yang diseduh dengan mesin espresso. “Beda bukan rasanya? Saimi bertanya kepada kami. Untuk pertama kalinya saya merasakan espresso dengan 100% robusta, aroma dan flavor yang seakan sulit dibedakan dengan arabika. “Kopi robusta inilah yang dihargai tinggi di pasar komoditas New York” dan saya mengamini perkataan Asnawi.

Kunjungan ini hanya berlangsung beberapa jam saja, tapi kami belajar banyak dari Saimi dan Asnawi, bukan hanya tentang seluk beluk eksport kopi. Tapi yang terpenting adalah sebuah etika bisnis yang tidak sebatas jargon belaka, mereka sudah melakukannya sejak lama khususnya bagi para petani kopi dengan apa yang bisa mereka berikan.
Share this article :

47 komentar:

  1. Assalamualaikum... perkenalkan Saya Imam Wibisono, Petani Kopi dari Lahat, Sumatera Selatan. Kalau ada boleh saya minta kontak person / email pak Saimi Saleh ? saya ingin lebih banyak belajar dari beliau.
    bisa di kirim ke kontak saya di : imam.wibi@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tlatah siti Suci Damarwulan
      RISWANDA PENGUSAHA MUDA KOPI NUSANTARA
      Riswanda 085655856636 - pin BB.287936D0
      Nmr.WA - Faris : 081217913739 - 082333816875
      NINE Kopi Bondowoso mencari Agen cabang di seluruh Indonesia
      jika ada yang tertarik hubungi nmr ( tercantum )
      Harga KOPI per kilo gram - Rp. 250.000 ( untuk jenis tertentu )
      Untuk mengikuti pelatihan Barista - Rp.500.000 - 6.000.000/orang
      Kabupaten Bondowoso, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bondowoso. Ibu kota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut (terkurung daratan) dan terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah: Wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dariDataran Tinggi Ijen). Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai.
      Letak dan Posisi
      Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten dalam Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Dikenal dengan sebutan daerah tapal kuda. Ibukotanya adalah Bondowoso. nilai sejarah kotanya yang masyarakat Bondowoso sendiri banyak belum tahu akan sejarah keberadaan kopi Bondowoso.
      Riswanda Sang Generasi Damarwulan,
      Putra dari Bpk.Rudy dan Ibu Utjik Heriati yang beralamat di jalan Brigpol Sudarlan No.266 RT 12 RW 04 Nangkaan Bondowoso
      memulai tergerak usaha pembudidayaan kopi varietas unggul yang memiliki visi kedepan dalam usahanya cafe kopi dengan mengangkat kotanya Bondowoso sebagai tujuan Wisata Internasional.Saat ini Riswanda sudah memiliki merek sendiri kopi hasil kerja kerasnya, yaitu NINE. Dengan kemasan yang istimewa dimana kopi NINE juga di dukung oleh para Barista Barista ternama dari Jogja serta di dukung oleh para Budayawan muda Jogja sebagai konsultan ekslusive Riswanda selama usaha kopinya NINE Bondowoso di rintis.Keterlibatan para ahli ahli muda dari jogja yang di rangkul oleh Riswanda menjadikan usahanya semakin maju pesat,salah satunya Sigit Barista dan beberapa nama nama lain yang termasuk para ahli muda di bidang masing masing,antara lain Beny Juda, Bayu Wicaksono,Kenedy dua diantaranya berasal dari Sumatra Utara dan salah satunya dari Klaten.
      Kepekaan Riswanda menangkap nilai nilai sejarah Bondowoso yang menggugah dirinya untuk memberanikan diri serta semangat dan sadar bahwa usia muda harus memulai untuk mandiri.Omset yang di peroleh Riswanda meski belum begitu besar,namun dalam sisi positiv gagasan Riswanda menjadikan bukti kepada Generasi muda lainya khususnya Bondowoso sebagai tauladan dan Motivasi yang patut di acungi jempol.Riswanda layak di sebut Sang Generasi Damarwulan sosok figur berani menghadapi tantangan dan menang di ajang pertempuran.
      www.wartaekspres.com
      wartaekspres.com
      KONTRIBUTOR berita-( Bayu Wicaksono - Sigit Klanis - Kenedy ) Bondowoso 2016

      Hapus
  2. Salam Pak, Nama Saya Sofian asal Sumatera Utara, saya sangat tertarik dengan bisnis kopi , dan baru beralih dari peminum teh beralih ke kopi pak . ternyata peluang bisnis yg sudah di jalankan oleh Bapak Saimi Saleh dengan kemitraannya dengan petani Binaan ini Luar biasa , saya mengacungkan Jempol dua tangan buat beliau . Di medan banyak pengumpul kopi Gayo , Mandailing dan Lintong , Pak Saimi apa minat utk bermitra Alamat Email saya : sofian191266@yahoo.com utk saling tukar informasi. terim kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tlatah siti Suci Damarwulan
      RISWANDA PENGUSAHA MUDA KOPI NUSANTARA
      Riswanda 085655856636 - pin BB.287936D0
      Nmr.WA - Faris : 081217913739 - 082333816875
      NINE Kopi Bondowoso mencari Agen cabang di seluruh Indonesia
      jika ada yang tertarik hubungi nmr ( tercantum )
      Harga KOPI per kilo gram - Rp. 250.000 ( untuk jenis tertentu )
      Untuk mengikuti pelatihan Barista - Rp.500.000 - 6.000.000/orang
      Kabupaten Bondowoso, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bondowoso. Ibu kota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut (terkurung daratan) dan terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah: Wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dariDataran Tinggi Ijen). Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai.
      Letak dan Posisi
      Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten dalam Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Dikenal dengan sebutan daerah tapal kuda. Ibukotanya adalah Bondowoso. nilai sejarah kotanya yang masyarakat Bondowoso sendiri banyak belum tahu akan sejarah keberadaan kopi Bondowoso.
      Riswanda Sang Generasi Damarwulan,
      Putra dari Bpk.Rudy dan Ibu Utjik Heriati yang beralamat di jalan Brigpol Sudarlan No.266 RT 12 RW 04 Nangkaan Bondowoso
      memulai tergerak usaha pembudidayaan kopi varietas unggul yang memiliki visi kedepan dalam usahanya cafe kopi dengan mengangkat kotanya Bondowoso sebagai tujuan Wisata Internasional.Saat ini Riswanda sudah memiliki merek sendiri kopi hasil kerja kerasnya, yaitu NINE. Dengan kemasan yang istimewa dimana kopi NINE juga di dukung oleh para Barista Barista ternama dari Jogja serta di dukung oleh para Budayawan muda Jogja sebagai konsultan ekslusive Riswanda selama usaha kopinya NINE Bondowoso di rintis.Keterlibatan para ahli ahli muda dari jogja yang di rangkul oleh Riswanda menjadikan usahanya semakin maju pesat,salah satunya Sigit Barista dan beberapa nama nama lain yang termasuk para ahli muda di bidang masing masing,antara lain Beny Juda, Bayu Wicaksono,Kenedy dua diantaranya berasal dari Sumatra Utara dan salah satunya dari Klaten.
      Kepekaan Riswanda menangkap nilai nilai sejarah Bondowoso yang menggugah dirinya untuk memberanikan diri serta semangat dan sadar bahwa usia muda harus memulai untuk mandiri.Omset yang di peroleh Riswanda meski belum begitu besar,namun dalam sisi positiv gagasan Riswanda menjadikan bukti kepada Generasi muda lainya khususnya Bondowoso sebagai tauladan dan Motivasi yang patut di acungi jempol.Riswanda layak di sebut Sang Generasi Damarwulan sosok figur berani menghadapi tantangan dan menang di ajang pertempuran.
      www.wartaekspres.com
      wartaekspres.com
      KONTRIBUTOR berita-( Bayu Wicaksono - Sigit Klanis - Kenedy ) Bondowoso 2016

      Hapus
  3. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Semoga Keseharian Bapak selalu berada dalam naungan Allah SWT. Amin. Perkenalkan Nama Saya Nasrullah. asal Makassar- Gowa. kebetulan pak di daerah saya adalah daerah penhasil kopi Arabika. yang kurang lebih 3000 Petani kopi Arabika dan rata2 satu petani dia mengelola 1,5 Ha Kopi arabika. Bila Bapak Saimi berminat membeli Kopi Arabika / bermitra dengan kami. Bapak bisa menhubungi Alamat Email saya : nas_run@ymail.com atau meida.wisata@yahoo.com

    BalasHapus
  4. Anonim10.14

    Saya juga minta kontaknya pak saimi. Alamat email saya: mustadirpaddare@ymail.com

    BalasHapus
  5. Safriadi23.52

    Asalamualaikum wr wb, setelah membaca kisah yg ditulis diatas membuat sya terharu. Smoga dengan kerja sama bapak dapat memajukan petani kopi khusus nya. Sya sgat kasihan kepada petani yg ada di daerah sya termasuk kluarga sya,, karena pasaran kopi yg masuk ke petani sagat melemah sekali berkisar Rp.7000 s/d 3000 (glondong, biji merah) per bambu, tak sebanding dgn pasaran (bubuk kopi). Sya belajar membeli kopi mulai dari glondong kmudian sya olah hingga menjadi kopi hijau, tetapi penjualan kopi hijau juga sgat melemah dan berdampak kepd petani,, sya dari aceh tengah, takengon/ gayo. Ingin meminta kerja sama dgn bpak agar menerima kopi robusa/ arabika dgn harga sepantasnya agar berdampak kpd petani juga mendapatkan harga sebanding,, hp 082260822651 email safriadiwaniranto@gmail.com

    BalasHapus
  6. Anonim10.30

    Pak saya dede, saya sngat tertarik berbisnis kopi, saya minta nomor hp pak saimi.

    BalasHapus
  7. terima kasih informasinya, mantap gan..

    jual rumah daerah buduran

    BalasHapus
  8. assalamu'alaikum bapak-bapak...yang membutuhkan kopi malang jawa timur,.bisa hub;082234024420...langsung dari kebun petani dampit malang...

    BalasHapus
  9. Selamat sore bapak bapak ...z sangat tertarik dengan kisah yang telah menjdi inspirasi bagi seluruh petani kopi di indonesia, maka dari saya jugak menginpormasikan di daerah saya Kalumpang sulawesi barat merupakan sala satu pengasil kopi n kualitas kopinya pun sangt baik. Jadi kalau ada yang berminat untuk membeli saya bisa sediakan terimah kasih banyak..

    BalasHapus
  10. Asalamualaikum..saia mencari mitra bisnis,085694700090,saia dari kuningan jawa barat,di sini banyak petani kopi,dan kualitas kopinya pun sangat bagus,jika ingin menjadi mitra silahkan menghubungi saia terima kasih.

    BalasHapus
  11. annis08.44

    selamat pagi..saya ingin menawarkan kopi arabica greenbean dari daerah tanah karo..harga Rp 65.000/kg..kalau berminat hubungi saya di nomer : 081319200152

    BalasHapus
  12. assalamualaikum. pak saya Elfa ingin menawarkan kopi arabika dari Tanah toraja sumber dari perkebunan kopi kami di tanah toraja. harga Rp.50.000,-kg, jika minat hubungi saya di Tlp/Whatsapp: 0812-8888-2078. terimakasih

    BalasHapus
  13. Salam kenal buat pak saimi,senang dengan kabar dari bapak,penyelamat petani kopi keIndonesiaan.Saya dari tanah karo,agent kopi kwalitas bagus,minat hub saya 085296488479.mudah" kita bisa mitra ya pak.

    BalasHapus
  14. pak saya ismail saraini saya brasal dari saya ingin ingin menjadi penbisnis kopi atau belajar meng exspor kopi. agar petani di tempat saya bisa makmur pak saya mohon bantuan bapak no kontak saya pak 082217278600 saya inagin bisni kopi gayo asli pak

    BalasHapus
  15. pak saya ismail saraini saya brasal dari saya ingin ingin menjadi penbisnis kopi atau belajar meng exspor kopi. agar petani di tempat saya bisa makmur pak saya mohon bantuan bapak no kontak saya pak 082217278600 saya inagin bisni kopi gayo asli pak

    BalasHapus
  16. salam kenal pak nama saya ismail sarain saya berasal dari gayo pak saya inain blajar dari bapak untuk menjadi pembisnis kopi pak saya mohon bantuan nya pak saya ingin mengekspor kopi gayo pak mungkin saja kita bisa jadi mitra pak saya perihatin tyerhadap kopi di gayo pak saya ingin kopi gayo jaya pak baik petani nya saya mohon bantuan bapak ni kotak saya pak 082217278600 saya sangat bermohon seekali pak

    BalasHapus
  17. ass....pak saimi kami petani dari garut,,,,jika bapak berkenan untuk kerjasama dengan kami untuk menampung kopi arabika garut mohon hubungi saya di devidermawa@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon no teleponnya yaa , email anda yang bener spt tertulis diatas, atau devidermawan@gmail.com?

      Hapus
  18. kepada petani kopi, bila berniat menjual biji kopi jenis Arabica kami siap menampung.
    Hubungi saya : RIM - NoHp: 0822 3102 4339, email: immsantoso@gmail.com, surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap Mas Imam, sy bagnatara dr Bandung.. sy ada 2000 ton kopi priangan, Arabika dan Robusta yg siao ditebus.. mhn penawaran harga dr anda,berdasar grade (kopi biji/sdh diselep/kopi beras) wa/hp sy 081211614272, emil bagnatara@yahoo.com

      Hapus
    2. siap Mas Imam, sy bagnatara dr Bandung.. sy ada 2000 ton kopi priangan, Arabika dan Robusta yg siao ditebus.. mhn penawaran harga dr anda,berdasar grade (kopi biji/sdh diselep/kopi beras) wa/hp sy 081211614272, emil bagnatara@yahoo.com

      Hapus
    3. Selamat siang mas imam
      saya Zaini perwakilan dari beberapa kelompok tani di jawa barat, kami ada stock kopi arabica sekitar 1000 ton dan robusta 1500 ton.
      kami mempunyai anggota 30.000 petani dan sudah kontrak selama 30 tahun.
      apabila berminat bisa memberikan range harga bapak menerima. bisa FOB jakarta dan juga bisa terima di surabaya.
      apabila berminat bisa hubungi saya di 082194003732
      atau bisa email di zainiusman71@gmail.com

      Hapus
    4. DAERAH MEDAN GAK ADA PAK,,,,SAYA PETANI KOPI DAN JUGA PENAMPUNG GABAH KOPI ARABIKA. MOHON INFORMASINYA PAK. 082274095770 ITU NMR HP SAYA PAK. THANKS

      Hapus
  19. Selamat siang pak, saya petani kopi dri petani kabupaten pinrang ingin brlajar dan brkerja sama dengan bapak bila bapak berkenan

    BalasHapus
  20. Selamat siang pak, saya petani kopi dri petani kabupaten pinrang ingin brlajar dan brkerja sama dengan bapak bila bapak berkenan

    BalasHapus
  21. Selamat siang pak, sy asina .sy sgt tertarik dgn artikel bpk yg sy baca.pak sy berasal dr sidikalang yg hampir sluruh warganya petani kopi arabica. Namun para petani di kmpung sy kurang pengetahuan ttg mengolah kopi sehingga selalu aja jatuh ke tengkulak.dptkah bpk membantu sy dan kmpung sy utk bangkit..atau mgkin bpk mau membantu kami membeli lgsg hasil kopi km sehingga hasilnya mensejahterakan petani di kmpunh km.makasih pak
    Ini email saya: asina.sha2@gmail.com
    Line: asina77
    Wa: 081322279370
    mohon bantu kami pak..thx

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. assalmmallaikum wr,wb
    luar biasa sekali managemen bisinis bapak dan dan disertai niat tulus yang patut di contoh.
    baik nama saya ibnu abbas salah satu mahasiswa di kota malang, yang berkeinginan besar dan didasari harapan besar untuk merubah ekonomi petani khusunya petani kopi, ya kopi dengan usaha yang tinggi dan sgenap harapan saya ingin merubah persepsi petani kalau petani kopi tidak bisa mengangkat perekonomian keluarga khsusnya petani kecil.langkah kecil yang akan saya awali dahulu ialah petani kopi di daerah saya aceh tengah gayo.
    jika bapak ingin mengetahui segala yang saya harapkan dengan ijin allah ijinkan saya bertemu dngan bapak saimi.
    wassalamualaikum...

    ibnuabbas52@gmail.com
    no hp : 082361790586

    BalasHapus
  24. saya berkesempatan mengunjungi pt. indokom citrapersada hari ini tadi, tetapi saya heran mereka bahkan tidak bersedia menjual sampel biji kopi kepada saya, mereka bilang harus ada persetujuan dari pihak pimpinan mereka yang di Jakarta,mohon diberi keterangan mengapa pihak indokom citrapersada sangat sulit utk membuka diri bahkan utk menjual sampel sekalipun terhadap orang yg berminat seperti saya, terima kasih

    BalasHapus
  25. asalamualaikum'gan,saya petani kopi dari daerah majalenka(gunung cakrabuana)'bagi anda yg ingin berkerjasama dengan saya'saya siap menampung kopi didaerah saya'cuman kendala yg saya hadapi adalah modal,,bukan hanya kopi tapi cengkeh,dan sayuran-pun ada,karna disini daerah agro,,bagi yg berminat bisa hubungi via'bbm(56dc0699)email(mamatwaeah@gmail.com)no hp(085861152053)terimakasih.

    BalasHapus
  26. Ass pak saimi saya pak maulana dari PT. Sinar Sakti Cempako. Saya sangat terinspirasi oleh

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum pak Saimi, saya pak Rendy dri PT.Sinar sakti Cempaka kita bergerak di bidang pengolahan biji kopi robusta dari Bengkulu. Saya sangat terinspirasi dengan kegigihan pak Saimi.Dengan melimpahnya tanaman robusta di Bengkulu kami mendirikan pabrik pengeringan biji kopi ini di daerah kami. Tapi kami menghadapi berapa kendala dalam menjual biji kopi robusta kami, terutama untuk pasar eksport.Kami berharap pak Saimi mau membantu kita atau bekerja sama dengan kita. Terima kasih sekali.wassalamualaikum.
    Contact person :
    Email :Rendycoffee32@gmail.com
    Hp. :081290250957

    BalasHapus
  29. Tlatah siti Suci Damarwulan
    RISWANDA PENGUSAHA MUDA KOPI NUSANTARA
    Riswanda 085655856636 - pin BB.287936D0
    Nmr.WA - Faris : 081217913739 - 082333816875
    NINE Kopi Bondowoso mencari Agen cabang di seluruh Indonesia
    jika ada yang tertarik hubungi nmr ( tercantum )
    Harga KOPI per kilo gram - Rp. 250.000 ( untuk jenis tertentu )
    Untuk mengikuti pelatihan Barista - Rp.500.000 - 6.000.000/orang
    Kabupaten Bondowoso, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bondowoso. Ibu kota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut (terkurung daratan) dan terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah: Wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dariDataran Tinggi Ijen). Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai.
    Letak dan Posisi
    Kabupaten Bondowoso adalah salah satu kabupaten dalam Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Dikenal dengan sebutan daerah tapal kuda. Ibukotanya adalah Bondowoso. nilai sejarah kotanya yang masyarakat Bondowoso sendiri banyak belum tahu akan sejarah keberadaan kopi Bondowoso.
    Riswanda Sang Generasi Damarwulan,
    Putra dari Bpk.Rudy dan Ibu Utjik Heriati yang beralamat di jalan Brigpol Sudarlan No.266 RT 12 RW 04 Nangkaan Bondowoso
    memulai tergerak usaha pembudidayaan kopi varietas unggul yang memiliki visi kedepan dalam usahanya cafe kopi dengan mengangkat kotanya Bondowoso sebagai tujuan Wisata Internasional.Saat ini Riswanda sudah memiliki merek sendiri kopi hasil kerja kerasnya, yaitu NINE. Dengan kemasan yang istimewa dimana kopi NINE juga di dukung oleh para Barista Barista ternama dari Jogja serta di dukung oleh para Budayawan muda Jogja sebagai konsultan ekslusive Riswanda selama usaha kopinya NINE Bondowoso di rintis.Keterlibatan para ahli ahli muda dari jogja yang di rangkul oleh Riswanda menjadikan usahanya semakin maju pesat,salah satunya Sigit Barista dan beberapa nama nama lain yang termasuk para ahli muda di bidang masing masing,antara lain Beny Juda, Bayu Wicaksono,Kenedy dua diantaranya berasal dari Sumatra Utara dan salah satunya dari Klaten.
    Kepekaan Riswanda menangkap nilai nilai sejarah Bondowoso yang menggugah dirinya untuk memberanikan diri serta semangat dan sadar bahwa usia muda harus memulai untuk mandiri.Omset yang di peroleh Riswanda meski belum begitu besar,namun dalam sisi positiv gagasan Riswanda menjadikan bukti kepada Generasi muda lainya khususnya Bondowoso sebagai tauladan dan Motivasi yang patut di acungi jempol.Riswanda layak di sebut Sang Generasi Damarwulan sosok figur berani menghadapi tantangan dan menang di ajang pertempuran.
    www.wartaekspres.com
    wartaekspres.com
    KONTRIBUTOR berita-( Bayu Wicaksono - Sigit Klanis - Kenedy ) Bondowoso 2016

    BalasHapus
  30. Karespa Beliani11.45

    selamat siang Pak,
    perkenalkan saya dari Muara Enim (Sumatera Selatan),
    sya punya kebun kopi, tp ditempat saya belu ada pelatiha ataupun perhatian terhadap petani kopi.
    bapak saya sudah sejak 25 tahun lalu menjadi petani kopi, tp masih begini2 saja, harga yg dibandrol oleh pengepul di tempat kami sngat murah, dan kadang tidak sesuai. tapi apa boleh buat, kmi tidak ada koneksi dari tempat lain.
    saya bercita2 ingin membuka koperasi untuk pr?etani kopi ditempat saya, saya sedih melihat keadaan bapak saya, mohon bantuannya.

    BalasHapus
  31. ass...pak saimi...sy sngat trtarik dg artikel yg bpk tulis,skaligus kpngen belajar mengenai bisnis perkopian utk export...apakah sy bsa konsultasi pak...??mhon no hp ato pun no wa bpk....ke email...uutajja777@gmail.com ato wa 082280657446...trims.

    BalasHapus
  32. Assalamualaiku, perkenalkan saya rahmat dan saya sangat tertarik dengan bisnis yang bapak jalankan, saya ingin sekali berkonsultasi dengan cara bagaimana saya menjalankan bisnis ini, mohon bantuan bapak, mohon nmr hp, wa, atau email bapak agar saya bisa komunikasi langsung dengan bapak di nmr 08114508852 atau email muhrahmat07@gmail.com

    BalasHapus
  33. Selamat pagi,
    Saya syam ingin menjual karung goni bekas tapi bersih, bekas isi per ayunan bayi, per didalam di paking plastik (cukup bersih dan tidak mengandung bahan kimia), jadi sangat cocok untuk karung isi kopi biji, anyamannya cukup rapat, ukurannya 50 x 30 cm , untuk yang berminat bisa menghubungi saya di hp 0818732658 jakarta,harga satuan @Rp 2000,- harga jakarta tidak termasuk ongkos kirim.

    BalasHapus
  34. selamat siang,
    saya syam, bermaksud menjual karung goni bekas tapi bersih,
    bekas isi per ayunan bayi, didalam per di paking pake plastik (tidak mengandung bahan kimia, jadi cukup bersih), cocok untuk isi biji kopi, anyaman cukup rapat. ukuran 50 x 30 cm harga satuan Rp. 2000,-, untuk yang berminat bisa menghubungi saya di Hp 0818 732658

    BalasHapus
  35. Selamat Siang pak

    Saya Zaini usman perwakilan dari beberaa kelompok tani se jawa barat. kami mempunyai 30.000 anggota. kami berharap ada yang mau kerjasama dengan kami sehingga bisa meningkatkan nilai jual kopi demi meningkatkan kesejahteraan petani kopi.
    sekarang kami mempunyai stock kopi arabica sebanyak 1000 ton dan robusta 1500 ton.
    apabila berminat bisa hubungi saya di 082194003732.
    atau bisa email di zainiusman71@gmail.com
    Terima Kasih

    BalasHapus
  36. Newbie 09-09-2016 22:24 #13
    Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis ke pasar global?
    Berapa banyak peluang di pasar global ?

    Apakah itu Alibaba.com?
    · Alibaba.com adalah Portal B2B terbesar di dunia untuk perdagangan Internasional.
    · Situs tempat bertemunya pembeli dan penjual dari seluruh dunia, untuk mencari dan menjual beragam produk berbagai bidang industri.

    Apakah layanan yang diberikan oleh Alibaba.com?
    · Untuk Penjual
    : Kami memberikan layanan untuk dapat menemukan pembeli dari produk Anda.
    · Untuk Pembeli
    : Kami memberikan layanan informasi produk yang anda cari dan menghubungi

    penjual secara langsung

    Data Singkat Alibaba.com :
    · 100 Juta Anggota Internasional di lebih dari 200 negara
    · 100+ Kategori Produk
    · 2,4 Juta Etalase Supplier
    · Lebih dari 300,000 pengunjung/hari
    · Expo Virtual 24 jam/hari sepanjang tahun

    Hubungi kami untuk informasi cara menjadi supplier di alibaba.com


    Best Regards,




    Raissa Rachman Hadi

    BUSINESS CONSULTANT

    +628882117234

    raissa.hadi@sinergisukses.net

    PT. Sinergi Sukses Digitalindo

    Authorized Channel Partner Alibaba.com



    Jl. Lodaya No. 101 Bandung

    BalasHapus
  37. Newbie 09-09-2016 22:24 #13
    Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis ke pasar global?
    Berapa banyak peluang di pasar global ?

    Apakah itu Alibaba.com?
    · Alibaba.com adalah Portal B2B terbesar di dunia untuk perdagangan Internasional.
    · Situs tempat bertemunya pembeli dan penjual dari seluruh dunia, untuk mencari dan menjual beragam produk berbagai bidang industri.

    Apakah layanan yang diberikan oleh Alibaba.com?
    · Untuk Penjual
    : Kami memberikan layanan untuk dapat menemukan pembeli dari produk Anda.
    · Untuk Pembeli
    : Kami memberikan layanan informasi produk yang anda cari dan menghubungi

    penjual secara langsung

    Data Singkat Alibaba.com :
    · 100 Juta Anggota Internasional di lebih dari 200 negara
    · 100+ Kategori Produk
    · 2,4 Juta Etalase Supplier
    · Lebih dari 300,000 pengunjung/hari
    · Expo Virtual 24 jam/hari sepanjang tahun

    Hubungi kami untuk informasi cara menjadi supplier di alibaba.com


    Best Regards,




    Raissa Rachman Hadi

    BUSINESS CONSULTANT

    +628882117234

    raissa.hadi@sinergisukses.net

    PT. Sinergi Sukses Digitalindo

    Authorized Channel Partner Alibaba.com



    Jl. Lodaya No. 101 Bandung

    BalasHapus
  38. Assalamu'alaikum, perkenalkan saya ida rosyida dari daerah Lamongan, mau menawarkan biji kopi goreng dan bubuk kopi goreng jenis robusta dengan harga Rp 50.000 per kg.
    Jika berminat hubungi: 089690116694 atau 08993904187.

    BalasHapus
  39. Kami distributor Kopi Bali Asli Kintamani, menyediakan berbagai jenis Kopi Asli langsung dari petani.

    Kopi Arabica Kintamani ( 500gr ) : 55.000
    Kopi Robusta Kintamani ( 500gr ) : 50.000

    Kemasan alumunium foil :
    200gr Arabica Kintamani : 26.000
    200gr Robusta Kintamani : 25.000

    Kami menerima AGEN / CAFE / WARKOP yang mau bekerja sama dengan kami, barang kami antar GRATIS.

    Silahkan Hub.
    SMS / WA : 08563430171

    BalasHapus
  40. Kami ada pupuk auksin setengah jadi yang bisa diolah jadi pupuk jadi. Utk info lebih lanjut hub wa 085742961368

    BalasHapus

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, mari kita lupakan segera, tidak seorangpun yang menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, maka kami hormat kepada Anda.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Translate

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rumah Kopi Matiti - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger