Inilah Sejarah Mesin Espresso

Jumat, 28 Desember 2012

RUMAHKOPI MATITI, JAKARTA - Bagi pecinta kopi espresso, mungkin banyak yang belum tahu mengenai sejarah mesin espresso. Mesin espresso yang pertama pada tahun 1901 dipatenkan oleh Luigi Bezzera. Luigi Bezzera menyebutnya dengan Tipo Gigante. Kemudian pada tahun 1905, Desidero Pavoni membeli hak paten mesin espresso milik Bezzera dan memasarkannya dengan nama Pavoni Ideale. Mesin generasi awal ini pada dasarnya lebih mirip alat penyeduh kopi style “moka”.

Pada tahun 1947, Mesin Espresso modern mulai diproduksi dengan nama Gaggia Crema Caffe. Inilah mesin espresso pertama yang baik dan secara konsisten mampu menghasilkan tekanan tinggi yang dibutuhkan untuk membuat espresso. Gaggia Crema Caffe sangat cocok untuk penggunaan secara komersil, hal ini dikarenakan kemudahan penggunaan dan harganya yang terjangkau.

Tidak semua mesin espresso benar-benar mesin espresso, ada beberapa mesin yang dinamai sebagai “mesin espresso” tetapi bukanlah mesin espresso yang sesungguhnya. Mesin-mesin ini merupakan mesin elektris style “moka”, cara kerja mesin ini berdasarkan pada tekanan uap untuk menekan air melalui bubuk kopi. Tekanan uap yang dihasilkan hanya mampu menghasilkan tekanan hingga 1,5 BAR atau 50 PSI. Sebuah mesin espresso yang bagus harus menghasilkan tekanan minimum 9 BAR atau 135 PSI untuk menekan air melalui hamparan bubuk kopi yang halus dan padat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rumah Kopi Matiti - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger