Apa sih Kopi Espresso?

Jumat, 28 Desember 2012

RUMAHKOPI MATITI, MEDAN - Mungkin kita sering mendengar tentang kopi espresso tapi banyak yang belum tahu apa sih sebenarnya kopi espresso, bagaimana membuat kopi espresso dan cara meminum kopi espresso. 

Nama kopi ini berasal dari Italia yang artinya secangkir kopi yang disajikan secara cepat. Espresso pertama kali ditemukan sekitar tahun 1900an.

Kopi Espresso merupakan kopi yang sangat pekat yang dibuat dengan cara menyemprotkan air yang sangat panas dengan tekanan tinggi ke dalam kopi. Kadar kafein dalam espresso cukup tinggi. Kopi Espresso disajikan dalam jumlah yang sedikit, 1 sampai 2 oz. Semprotan dari kopi press berasal dari 6,5 sampai 7,5 gram (sekitar 1 sendok makan) kopi bubuk halus.

Lama menyeduh kopi espresso sekitar 25 sampai 30 detik. Jika kopi espresso dibuat dengan baik, espresso akan menampilkan lapisan krim gelap dengan warna keemasan. Cream ini dapat dijadikan indikator mutu dari kopi espresso. Jenis biji kopi tidaklah menentukan apakah biji kopi tersebut dapat dibuat kopi espresso atau tidak. Setiap jenis biji kopi dapat digunakan untuk membuat kopi espresso yang nikmat.

Meminum kopi espresso merupakan sebuah seni. Jika anda pergi ke cafe di Italia, anda akan menemukan penikmat kopi espresso menghirup bau harum espresso sambil memegang cangkir, kemudian meminumnya dalam 3 atau 4 tegukan saja. Ritual selesai dengan cepat tetapi dengan lemah-lembut meletakkan kembali cangkir kembali ke cawan.

Di italia, menambahkan gula pada kopi espresso bukanlah sebuah hal yang memalukan. Tetapi untuk espresso yang benar-benar baik, merupakan sebuah kenikmatan bila meminum kopi espresso tanpa bahan tambahan lain. Dengan demikian anda bisa mencicipi dan menghargai esensi dari espresso dengan lebih lengkap.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rumah Kopi Matiti - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger